Fakta Menarik Alquran Presiden Jefferson

Agama  

Bahwa Presiden ke-3 Amerika Serikat, Thomas Jefferson memiliki terjemahan Alquran bukan rahasia lagi. Kepemilikan itu telah digunakan untuk menyumpah sejumlah Muslim yang berhasil menduuki jabatan tinggi di parlemen maupun pemerintahan Amerika Serikat.

Selain fakta itu, masih ada lagi yang menarik seputar kepemilikan Alquran itu. Ia menceritakan tak sedikit soal hubungan Amerika Serikat dan dunia Islam. Fakta-fakta berikut dihimpun dari buku Thomas Jefferson’s Qu'ran: Islam and the Founders karya Denise Spellberg, dan Servants of Allah: African Muslims Enslaved in the Americas karya Sylviane Diouf.

Alquran milik Presiden AS Thomas Jefferson dipertunjukkan di paviliun Amerika Serikat Dubai Expo di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu ( 9/2/2022). (AP Photo/Jon Gambrell)
Alquran milik Presiden AS Thomas Jefferson dipertunjukkan di paviliun Amerika Serikat Dubai Expo di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu ( 9/2/2022). (AP Photo/Jon Gambrell)

Buku bestseller

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Spellberg menuliskan fakta mengejutkan bahwa terjemahan Alquran berbahasa Inggris ternyata merupakan salah satu buku paling laku keras di kalangan umat Kristen Protestan di Amerika Serikat pada abad ke-18. Thomas Jefferson salah satu yang membeli naskah itu saat masih mahasiswa hukum pada 1765.

Tak jelas betul apa yang membuat orang Amerika kala itu gandrung membaca, tapi perkiraannya, untuk mencoba mengerti hukum di Turki Utsmaniyah dan Afrika Utara. Sejumlah kolonialis di AS memang punya hubungan dengan dua wilayah itu. Faktanya, Maroko adalah kerajaan pertama yang mengakui kemerdekaan Amerika Serikat pada 1776.

Iklan dari koran

Jefferson mengetahui keberadaan terjemahan Alquran itu dari iklan di koran di Williamsburg, Virginia. Begitu tahu buku itu bisa dipesan dari Inggris, Jefferson tak ragu merogoh kocek agak dalam untuk mendatangkan salinan tersebut.

Peta Arabia dalam Alquran milik Presiden AS Thomas Jefferson. (AP Photo/Jon Gambrell)
Peta Arabia dalam Alquran milik Presiden AS Thomas Jefferson. (AP Photo/Jon Gambrell)

Milik para budak

Sebenarnya Jefferson tak perlu jauh-jauh memesan ke Inggris jika hendak membaca Alquran. Budak-budak kulit hitam di Amerika kala itu tak sedikit yang berasal dari Afrika Barat dan beragama Islam.

Menurut Sylviane Diouf para budak itu biasa membeli Alquran dari toko-toko tak jauh dari perbudakan. Para pemilik menjual Alquran karena paham para budak sangat menyayangi Alquran dan rela menghabiskan tabungan sumur hidup untuk mendapatkan Kitab Suci tersebut.

Kitab hukum

Seperti disebut di atas, Alquran lebih dipandang sebagai kitab hukum di Amerika masa Thomas Jefferson. Hal ini bisa disaksikan pada langit-langit gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Wakil rakyat Keith Ellison (kanan) yang beragama Islam disumpah menggunakan Alquran pada 2007 silam.
Wakil rakyat Keith Ellison (kanan) yang beragama Islam disumpah menggunakan Alquran pada 2007 silam.

Meski melawan larangan dalam agama Islam, Nabi Muhammad dilukis di langit-langit bersama 18 pembawa hukum paling agung sepanjang sejarah umat manusia. Lukisan itu dibuat pada 1930 dan bertahan hingga saat ini.

Pemahaman keliru

Terlepas dari kepemilikan Alquran itu, Jefferson masih sangat terpengaruh dengan stereotipe yang disematkan pada agama Islam oleh orang-orang Eropa. Jefferson masih menilai bahwa agama Islam sama tak rasionalnya dengan agama Kristen dan Yahudi. Meski begitu, kepemilikan Alquran itu juga meyakinkan Jefferson bahwa negara Amerika nantinya harus terbuka untuk semua agama termasuk umat Islam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tentang sejarah Tanah Air, dunia, dan peradaban Islam.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image