Ms Marvel Wafat, Adiwira Marvel Khatamul Quran

Umum  

Fans komik terbitan Marvel Comics dikejutkan dengan terbunuhnya Ms Marvel pada komik Amazing Spiderman #26 yang keluar bulan ini. Adiwira (superhero) Muslimah yang sangat populer di kalangan penggemar itu secara mengejutkan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan dunia dalam komik tersebut.

Marvel kemudian menerbitkan tribut untuk gugurnya Kamala Khan tersebut. Judulnya Fallen Friend: The Death of Ms Marvel. Komik itu ditulis pencetus Ms Marvel, G Willow Wilson yang sendirinya seorang mualaf, kemudian Saladin Ahmad dan Mark Waid.

Dalam komik itu diceritakan, seturut budaya Kamala Khan yang merupakan keturunan Pakistan, masjid tempatnya biasa belajar dan berkunjung melaksanakan Khatamul Quran. Mulanya, hanya keluarga dan kawan-kawan dekat Kamala seperti Bruno dan Nakia yang datang ke masjid. Mereka kemudian diminta Syekh Abdullah, imam di masjid di New Jersey yang jadi pembimbing Kamala, untuk bergantian membaca ayat-ayat Alquran hingga selesai satu mushaf.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adegan Wolverine masuk masjid. (Marvel Comics)
Adegan Wolverine masuk masjid. (Marvel Comics)

Kemudian satu persatu datang adiwira Marvel. Logan, alias Wolverine, masuk masjid mengenakan thawb, menyampaikan salam, dan sempat dikira jamaah masjid. Kemudian menyusul rekan-rekan Ms Marvel dalam kelompok adiwira the Champions yang lalu bergantian ikut Khatamul Quran. Captain Marvel, mentor Kamala, datang dengan jilbab dan ikut serta.

Selanjutnya menyusul para jagoan Avengers. Ms Marvel memang sempat sejenak jadi anggota The Avengers. Iron Man datang, kemudian melepas sepatu boot-nya saat memasuki masjid. Ia disusul Hulk, Captain America, Dr Strange, dan lainnya.

Tony Stark, pria di balik Iron Man, kemudian menutup Khatamul Quran dengan surat-surat terakhir Alquran. Ia digambarkan membacakan surat Al-Falaq yang berisi doa memohon perlindungan dari pelaku sihir. Panel-panel itu disusul tekad Dr Strange yang menolak menggunakan sihirnya untuk membangkitkan Kamala Khan.

Adegan Iron Man membaca surat Al-Falaq. (Marvel Comics)
Adegan Iron Man membaca surat Al-Falaq. (Marvel Comics)

Serial komik Ms Marvel dengan tokoh Kamala Khan dilansir perdana pada 2013 lalu. G Willow Wilson menceritakan dalam seri-seri perdana itu dinamika perjuangan Kamala menjadi adiwira dan menjalankan keyakinan Islamnya. Buku itu disambut hangat penggemar komik yang merasa terhubung dengan kemanusiaan Kamala. Buku itu sempat masuk New York Times Best Sellers, hal yang jarang untuk komik.

Kepopuleran Ms Marvel membuatnya memilki serial streamingnya sendiri di Disney+ yang juga mendapat sambutan hangat penonton dan kritikus. Ms Marvel juga jadi tokoh di video game Marvel's Avengers yang terbit pada 2020.

Belum diketahui bagaimana rencana Marvel mendatang dengan keputusan menggugurkan Ms Marvel. Biasanya, tokoh komik di Marvel yang populer tak berlama-lama meninggal dan dihidupkan kembali.

Bagaimanapun, di tengah penistaan terhadap Alquran yang kian kerap di Barat, penghormatan yang ditampilkan lewat Ms Marvel jadi semacam oasis.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tentang sejarah Tanah Air, dunia, dan peradaban Islam.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image