Saat Polandia Diserang, Dimulailah Perang Dunia II

Sejarah  

Jatuhnya bom di tepian Polandia yang berbatasan dengan Ukraina pada Rabu (16/11/2022) membuat banyak pihak tak tenang. Para pemimpin negara-negara G-7 yang terdiri dari AS, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, dan Kanada seketika menggelar rapat mendadak saat menghadiri KTT G-20 di Bali.

Serangan ini jadi signifikan katena tak seperti Ukraina, Polandia adalah anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Artinya, negara-negara NATO wajib membela secara militer negara tersebut.

Sejauh ini, Rusia yang melancarkan serangan ke Ukraina menolak bertanggung jawab atas bom yang menewaskan dua orang tersebut. Presiden AS Joe Biden juga mengisyaratkan bahwa rudal bukan ditembakkan dari wilayah Rusia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bagaimanapun, serangan terhadap Polandia tersebut mencemaskan karena ia punya sejarah yang sangat signifikan. Pada 1 September 1939, Jerman bersama dengan Uni Soviet menjalankan invasi militer ke wilayah Polandia tersebut.

Adolf Hitler melepasn pasukan Jerman untuk menyerang Polandia. (wikimedia commons)
Adolf Hitler melepasn pasukan Jerman untuk menyerang Polandia. (wikimedia commons)

Kala itu, Adolf Hitler yang memimpin Nazi Jerman berdalih bahwa serangan untuk membela diri. Namun belakangan diketahui, serangan itu adalah rangkaian penciptaan Lebensraum alias ruang hidup bagi ras kulit putih Arya. Polandia kala itu memiliki komunitas Yahudi dengan jumlah signifikan yang kemudian dibantai oleh Nazi Jerman.

"Tujuan perang ini untuk secara fisik menghancurkan musuh untuk membunuh tanpa ampun semua lelaki, perempuan, dan anak-anak keturunan Polandia yang berbahasa Polandia. Hanya dengan cara ini kita bisa menciptakan ruang hidup yang kita butuhkan," ujar Hitler dalam pidatonya kala itu.

Serangan ke Polandia tersebut kemudian ditanggapi oleh negara-negara sekutu. Dari situ, Perang Dunia II bermula. Hingga akhirnya perang itu berakhir pada 1945, sedikitnya 73 juta orang meninggal akibat perang tersebut. Sedikitnya 5,8 juta meninggal di Polandia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tentang sejarah Tanah Air, dunia, dan peradaban Islam.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image